HOTLINE : 082240002354 EMAIL : info@elkamilcenter.com :
ELKAMIL CENTER
SHARE :

DEFINISI PEMUDA DAN PERANNYA

27
01/2020
Kategori : Berita
Komentar : 0 komentar
Author : admin


DEFINISI PEMUDA DAN PERANNYA

DEFINISI PEMUDA DAN PERANNYA, Secara umum definisi daripada pemuda itu setidaknya memiliki dua definisi yang menyangkut batasan usia pemuda, sifat ataupun karakteristik pemuda.

(MENURUT UU RI NO. 40 TAHUN 2009 TENTANG KEPEMUDAAN)

BAB I

PENDAHULUAN

  • Latar belakang

Pemuda merupakan generasi muda yang sangat berpengaruh untuk proses pembangunan bangsa Indonesia. Pemuda selalu menjadi harapan dalam setiap kemajuan di dalam suatu bangsa yang dapat merubah pandangan orang dan menjadi tumpuan para generasi terdahulu untuk mengembangkan ide – ide ataupun gagasan yang berilmu, wawasan yang luas, serta berdasarkan kepada nilai-nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat.

Pemuda generasi sekarang sangatlah berbeda apabila dibandingkan dengan generasi terdahulu dari segi pergaulan maupun sosialisasinya, pola berpikir, dan cara menyesaikan malasah yang sedang dihadapinya. Pemuda-pemuda zaman dahulu lebih berpikir secara rasional dan jauh kedepan, dalam artian yaitu mereka tidak asal dalam bertindak maupun melakukan sesuatu, tetapi mereka merumuskannya secara matang dan memikirkan kembali dengan melihat dampak-dampak yang akan terjadi. Sedangkan pemuda zaman sekarang masih terkesan acuh terhadap masalah-masalah sosial yang ada di lingkungannya. Maka daripada itu, pada saat ini sangat diperlukan berbagai macam tindakan yang diperlukan untuk memperbaiki pola berpikir para pemuda zaman sekarang.

Definisi Pemuda dan perannya

Definisi Pemuda dan perannya

Cara paling tepat adalah pola pembangunan kepemudaan yaitu pertama dilakukan secara sitematik, komprehensif, akseleratif, sinergis, dan integratif, yang kedua meliputi ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan, yang ketiga melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, dan yang terakhir menyediakan wahana aktualisasi diri yang positif dan konstruktif, serta mudah diakses oleh pemuda.

Sehingga dengan cara tersebut diharapkan para pemuda dapat merubah cara berfikirnya untuk pembangunan bangsa Indonesia. Dan yang paling penting nasib bangsa Indonesia baik ataupun buruknya kedepan itu akan sangat bergantung pada generasi penerusnya yaitu generasi muda.

  • Rumusan Masalah
  1. Apa definisi dari pemuda ?
  2. Seperti apakah peran pemuda di Indonesia ?
  3. Apa tujuan undang-undang RI no. 40 tahun 2009 tentang kepemudaan ?
  • Tujuan
  1. Untuk mengetahui definisi dari pemuda.
  2. Untuk mengetahui apakah peran pemuda di Indonesia.
  3. Untuk mengetahui tujuan undang-undang RI no. 40 tahun 2009.

 

BAB II

PEMBAHASAN

  • Definisi dari pemuda

Secara umum definisi daripada pemuda itu setidaknya memiliki dua definisi yang menyangkut batasan usia pemuda, sifat ataupun karakteristik pemuda, dan tujuan dari aktivitas kepemudaan.

Definisi yang pertama yaitu pemuda adalah individu yang bila dilihat secara fisik sedang mengalami perkembangan dan secara psikis sedang mengalami perkembangan emosional, sehingga pemuda merupakan sumber daya manusia pembangunan baik saat ini maupun masa yang akan datang. Sebagai calon generasi penerus yang akan menggantikan generasi sebelumnya. Internasional youth year yang diselenggarakan tahun 1985 mendefinisikan penduduk berusia 15-24 tahun sebagai kelompok pemuda. Sedangkan definisi yang kedua yaitu pemuda adalah individu dengan karakter yang dinamis, bahkan bergejolak dan optimis namun belum memiliki pengendalian emosi yang stabil. Pemuda menghadapi masa perubahan sosial maupun kultural. Sedangkan menurut draft RUU kepemudaan, pemuda adalah mereka yang berusia antara 18 hingga 35 tahun.

Sehingga dengan demikian para pemuda seharusnya memiliki semangat untuk berubah dan kemampuan untuk melakukan perubahan. Karena pembangunan suatu bangsa harus didasarkan oleh pemudanya. Oleh sebab itu proses kehidupan yang dialami oleh para pemuda di Indonesia itulah yang setiap hari baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat membawa pengaruh yang besar pula dalam membina sikap untuk hidup di kalangan masyarakat.

  • Peran pemuda di Indonesia

Disaat kondisi bangsa seperti ini peranan pemuda sebagai penggerak dalam pembangunan bangsa Indonesia sangatlah diharapkan dengan membentuk suatu organisasi yang tentunya harus positif yang dapat memainkan peran yang lebih besar. Pada zaman perjuangan bangsa Indonesia, gerakan pemuda dan mahasiswa sering menjadi tombak perjuangan nasional. Beberapa gerakan pemuda dan mahasiswa yang dicatat dalam sejarah adalah budi utomo, sumpah pemuda, perhimpunan Indonesia, dan peristiwa rengasdengklok.

Namun permasalahan yang dihadapi saat ini adalah banyak di kalangan pemuda yang melakukan hal-hal yang negatif. Padahal seharusnya melalui generasi muda terlahir inspirasi untuk mengatasi berbagai kondisi dan permasalahan yang ada, dan sudah saatnya pemuda menempatkan diri sebagai generasi muda yang aktif untuk memimpin proses perubahan bangsa ini cita-cita para pemuda dulu. Jadi pada intinya peran pemuda sekarang ini sangat memprihatinkan seperti banyak pemuda yang jarang bersosialisasi dengan lingkungan masyarakat sekitar. Tetapi sebenarnya peran pemuda dalam masyarakat dapat ditingkatkan dengan mengadakan acara-acara berupa bakti sosial dengan sesama pemuda agar dapat lebih bersosialisasi dengan lingkungan masyarakat sekitar.

Gerakan pemuda sebagai gerakan civil sociecy akan terus menempatkan pemuda di posisi pelatuk sekaligus pengawal perubahan. Semangat inilah yang semestinya terus terjaga di setiap gerakan kepemudaan. Indefendensi sebagai pilihan semangat gerakan pemuda dan kemandirian sebagai jiwanya, tidak boleh luntur dalam gerakan pemuda.

  • Tujuan undang-undang RI no. 40 tahun 2009 tentang kepemudaan

Pembangunan kepemudaan bertujuan untuk terwujudnya pemuda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demoktratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan pancasila dan dan undang-undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

BAB III

PENUTUP

  • Kesimpulan

Pemuda merupakan satu identitas yang potensial sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan berperan dalam pembangunan bangsa Indonesia. Sudah saatnya pemuda harus mampu menempatkan diri sebagai agen sekaligus pemimpin dari perubahan. Pemuda harus memperjuangkan cita-cita bangsa melalui perjuangannya. Sehingga para pemuda selalu diharapkan untuk proses kemajuan dari bangsa Indonesia.

  • Saran

Pemuda harus meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan, ketrampilan, dan yang terpenting adalah tetap selalu bersosialisasi dengan masyarakat yang ada di sekitarnya. Semua itu harus dilakukan agar bangsa Indonesia menjadi lebih baik, karena masa depan bangsa ini tergantung dengan pemudanya.

 

 

Baca Juga Artikel Penting Lainnya :

Berita Lainnya

23
03/2020
CONTOH TOKO ONLINE
Author : admin
28
01/2020
27
01/2020
11
01/2020
Yoga Apartemen
Author : admin
10
01/2020
Syamil Aqiqah Kuningan
Author : admin


Tinggalkan Komentar